Tuesday, April 5, 2016

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Gulai Taoco Khas Minang

Lontong Sayur Gulai Tauco, Makanan lontong lebih identik dengan sarapan pagi, biasanya tiap pagi warung - warung makan menyajikan lontong dipagi hari bahkan ada juga yang khusus menjual lontong di pagi hari aja. Namun banyak juga yang menyajikan lontong pada saat hari - hari tertentu seperti Lebaran. Orang menjamu tamu dengan makan Lontong Gulai Ayam Nangka Muda atau Soto Ayam Lamongam Maknyuss. Didaerah tertentu ada juga yang menyajikan lontong dengan gulai opor ayam komplit dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

Tentu aja kita tidak harus menunggu Hari Lebaran untuk menikmati sepiring lontong dengan kuah gulai atau sayur komplit, kita dapat juga menyajikan lontong untuk keluarga kita pada saat hari libur seperti hari minggu. Tentu aja keluarga kita akan senang menikmati lontong buatan sendiri, kita juga dapat menambahkan lebih banyak ayam atau sayur dan bahan tambahan lain karena kita sendiri yang membuatnya. Tidak seperti yang kita beli kuah dan sayurnya kadang dikasih hanya sekedar aja, tapi kita gak bisa komplen karena kita gak bikin sendiri.

Baiklah, bagi Anda yang butuh Resep bikin lontong dengan kuah taoco, saya akan membagikannya buat Anda Gratis, bahkan dapat Anda bagikan ke teman - teman juga, lontong ini menggunakan lontong plastik ukuran kecil agar lontong cepat matang dan jadi lalu tinggal didinginkan aja, berikut Resepnya.

Resep Lontong Sayur Gulai Taoco Khas Minang
Bahan Lontong :
-  1/2 kg beras
-  6 plastik ukuran 125 ml

Bahan Kuah :
-  200 gram buncis muda, iris serong.
-  1 papan tempe, potong kotak, goreng, sisihkan.
-  2 buah tahu jawa, potong kotak, goreng, sisihkan.
-  50 gram cabe hijau, iris serong.
-  50 gram isi pete.
-  1 bungkus taoco.
-  500 ml santan encer.
-  2 lembar daun salam
-  2 lembar daun jeruk
-  2 buah tomat hijau, potong 4.
-  5 siung bawang merah, haluskan.
-  2 siung bawang putih, haluskan.
-  2 cm jahe, haluskan.

Cara Membuat Lontong :
-  Ambil 3 sendok makan beras, masukan kedalam plastik, rekatkan bagian yang terbuka, lalu tusuk - tusuk agar air dapat masuk.
-  Siapkan dandang yang telah diisi air secukupnya, masukan beras yang telah dimasukan kedalam plastik, lalu rebus hingga menjadi lontong kira - kira 1 jam.
-  Setelah menjadi lontong, angkat lalu dinginkan.

Cara Membuat Kuah :
-  Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum, masukan, buncis lalu cabe hijau, aduk - aduk hingga layu.
-  Masukan santan kedalamnya, lalu daun jeruk dan daun salam, terus didihkan dengan api sedang.
-  Setelah itu masukan taoco, isi petai dan tomat, masak hingga semua matang.
-  Terakhir masukan tahu dan tempe yang telah digoreng.
-  Siapkan mangkok, potong - potong lontong yang telah dingin, siram dengan kuah taoco, taburi kerupuk dan bawang goreng.
Lontong Sayur Gulai Taoco siap untuk dinikmati.