Tuesday, October 11, 2016

10 Tips Penting Dalam Membuat Cake Agar Memperoleh Hasil Yang Sempurna

10 Tips Penting Dalam Membuat Cake Agar Memperoleh Hasil Yang Sempurna - Dalam membuat cake, banyak hal yang harus di perhatikan agar dapat memperoleh hasil yang sempurna. Tips ini sangat penting bagi Anda yang baru pertama kali membuat cake. Mungkin bagi Anda yang telah sering membuat cake tips ini sudah hafal di luar kepala. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba membuat cake berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat cake.

10 Tips Penting Dalam Membuat Cake Agar Memperoleh Hasil Yang Sempurna

10 Tips Membuat Cake Agar Memperoleh Hasil Yang Sempurna

  1. Kenali bahan - bahan cake, seperti telur, gula, tepung terigu, ( mentega dan margarin ), bahan pengembang, serta oven yang akan di pakai.
  2. Kocok telur dengan peralatan kering serta bebas dari lemak. Telor yang akan di gunakan harus telor segar dan bersuhu ruangan. Bila telur baru di keluarkan dari kulkas, biarkan pada suhu ruangan terlebih dahulu sebelum di gunakan.
  3. Istilah " kocok telur sampai mengembang " artinya gula di kocok dengan telur sampai berwarna putih dan tekstur yang kental. Ini ditandai dengan adonan yang di sendok akan meninggalkan sisa pada permukaan adonan. Bila sisa adonan tersebut tidak segera hilang, berarti adonan sudah cukup kental.
  4. Mengocok mentega/ margarin dengan telur tidak bisa secara bersamaan. Adonan tidak akan menyatu. Caranya adalah dengan memasukan telur satu persatu selama mentega/ margarin dikocok.
  5. Pakailah gula castor/ gula pasir berbutir halus. Gula ini mudah hancur dan cepat larut di dalam adonan. Sedangkan gula pasir biasa membutuhkan waktu lebih lama untuk menyatu dengan adonan.
  6. Mencampur tepung terigu kedalam adonan telor sebaiknya memakai sendok kayu. Jangan di kocok dengan mixer, walaupun dengan kecepatan rendah sekalipun. Udara akan lari sehingga adonan tidak akan mengembang sempurna. Bila di aduk dengan sendok kayu maka udara akan di perangkap masuk kedalam adonan.
  7. Lelehkan mentega/ margarin dengan api kecil sampai sebagian besar meleleh. Segera angkat dan aduk, bila mulai dingin, tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di aduk ringan.
  8. Lapisi loyang dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, kemudian oles lagi tipis - tipis dengan margarin. Jangan tabur bagian dalam loyang dengan tepung terigu, karena akan menyebabkan terbentuknya lapisan yang mudah terkelupas sehingga cake menjadi tidak bagus.
  9. Jangan masukan cake saat suhu yang di maksud belum tercapai, cake akan bantat. Panaskan oven minimal 15 menit pada suhu yang di inginkan, setelah itu baru masukan cake. Jangan membuka pintu oven pada 15 menit pertama supaya cake mengembang sempurna.
  10. Uji kematangan cake dengan cara menusuknya dengan lidi, kemudian lihat permukaan lidi. Bila lidi masih basah, tandanya cake belum matang. Teruskan memanggang sampai cake benar - benar matang.