Saturday, March 17, 2018

Tips Cara Membuat Adonan Bakso Kenyal Empuk Tahan Lama Tanpa Pengawet

Tips Cara Membuat Adonan Bakso Kenyal Empuk Tahan Lama Tanpa Pengawet - Semua pasti suka dengan namanya bakso bukan? Tapi belakangan ini marak sekali bakso dengan bahan - bahan yang tidak sesuai, seperti pengawet, dagingnya dari binatang yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi, pewarna dan lain sebagainya. Jadi kalau mengingat itu, pasti hilang deh selera makan kita. Untuk itu, dari pada khawatir dengan ini itu, baiknya baksonya bikin sendiri. Sudah pasti terjamin kebersihannya, kualitas bahan - bahannya dan yang terpenting lagi enak.

Untuk membuat bakso enak, kenyal dan empuk, ternyata perlu sedikit trik. Penasaran ya, ini dia trik dan tips agar bakso yang dihasilkan sesuai dengan yang kita inginkan.

Tips Cara Membuat Adonan Bakso Kenyal Empuk Tahan Lama Tanpa Pengawet

1. Sebaiknya gunakan fresh meat atau daging yang masih segar (bukan dari freezer/lemari es), haluskan dengan alat penggiling atau electric processor. Tambahkan bahan-bahan lain, proses hingga kalis.
2. Siapkan mangkuk berisi air es. Basahkan tangan anda dengan air es atau celupkan kedua tangan anda. Fungsi air es ini agar adonan tidak lengket di telapak tangan.
3. Siapkan dan ambil adonan daging yang telah dicampur dengan bumbu/bahan lainnya, bantingkan ke permukaan talenan/meja marmer bersih. Lakukan kegiatan ini 10 - 12x, jangan lebih, terlalu banyak justru akan membuat adonan menjadi keras. Jika adonan terasa lengket di tangan, celupkan tangan kembali di air es dan lakukan proses membanting ini hingga adonan terasa sangat halus, kalis, kenyal dan lentur ketika di sentuh. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi menyatu.
4. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk. Tutup permukaan mangkuk dengan plastik wrap. Masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit.
5. Siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor. Keluarkan adonan dari freezer, ambil segenggam adonan kemudian tekan sehingga sebagian adonan akan keluar dari permukaan genggaman tangan anda. Ambil adonan yang keluar menggunakan sendok yang dibasahi di air. Cara lain bisa juga dengan mengambil 1 sendok makan adonan, dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1½ cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.
6. Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, cukup gelembung-gelembung kecil saja. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang. 
7. Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer. 

No comments:

Post a Comment