Wednesday, August 24, 2016

Cara Membuat Puding Pisang Saus Santan, Gula Merah ala Resep Praktis

Cara Membuat Puding Pisang Saus Santan, Gula Merah ala Resep Praktis – Buah pisang selain enak untuk di nikmati langsung, tidak kalah enak juga kalau di masak. Selain pisang masak, pisang yang masih muda juga dapat di olah menjadi berbagai menu masakan seperti keripik pisang dan gulai pisang muda. Sedangkan pisang yang telah masak, banyak sekali menu masakan yang dapat di hasilkannya. Seperti goreng pisang, kolak pisang, bolu pisang, smoothies pisang dan puding pisang saus santan, gula merah.

Puding pisang saus santan, gula merah memang tidak begitu akrab di telinga kita. Namun resep puding ini patut untuk di coba rasanya. Sudah terbayang puding pisang yang dingin di beri saus santan dan gula merah diatasnya, tidak sabar ingin mencicipi rasanya yang manis dan segar di tenggorokan. Apalagi pada saat cuaca panas begini, merupakan hidangan pencuci mulut yang tepat di sajikan untuk keluarga tercinta. 

Cara membuat puding pisang ini tidak sulit, sama seperti kita membuat puding biasa. Untuk Anda yang sudah penasaran, mari di simak saja resepnya di bawah ini :

Cara Membuat Puding Pisang Saus Santan, Gula Merah ala Resep Praktis

BAHAN PUDING PISANG SAUS SANTAN GULA MERAH :

750 ml santan
45 gram maizena
175 gram gula pasir
¼ sendok teh garam
1 bungkus agar-agar putih
2 buah pisang tanduk, rebus, iris serong
¼ sendok teh vanili bubuk
Pewarna merah dan hijau

SAUS GULA MERAH :

350 gram gula merah
350 ml air
3 lembar daun pandan
¼ sendok teh garam

SAUS SANTAN :

800 ml santan
2 sendok makan maizena
½ sendok teh garam

CARA MEMBUAT PUDING PISANG SAUS SANTAN, GULA MERAH :

  • Langkah pertama adalah masak santan bersama tepung maizena, gula pasir, garam dan agar – agar. Aduk di atas api sedang sampai mendidih. Angkat.
  • Bagi adoanan menjadi tiga bagian, masing – masing beri warna hijau dan warna merah. Siapkan cetakan puding kecil. Taruh irisan pisang pada dasar cetakan.
  • Tuangkan adonan agar – agar merah, putih, kemudian adonan agar – agar hijau diatasnya. Dinginkan sampai beku, masukan kedalam lemari pendingin.

CARA MEMBUAT SAUS GULA MERAH


  • Masak gula merah bersama air, daun pandan dan garam sampai mendidih, Angkat lalu sisihkan.

CARA MEMBUAT SAUS SANTAN


  • Didihkan santan bersama maizena dan garam sambil di aduk sampai mengental. Angkat, sisihkan

CARA MENYAJIKANNYA


  • Keluarkan puding dari cetakan, potong – potong sesuai selera, taruh dalam gelas saji, lalu siram dengan saus santan dan saus gula merah.

Puding pisang saus santan dan saus gula merah, siap untuk dinikmati dingin. Bagaimana sahabat, mudah sekali bukan? Silahkan Anda coba saja sendiri dirumah, semoga berhasil ya.