Wednesday, September 28, 2016

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala Resep Praktis

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala Resep Praktis  - Ayam merupakan masakan kesukaan semua orang, termasuk ayam bumbu hijau khas Manado. Warna hijaunya berasal dari cabe hijau besar dan cabe rawit hijau. Yang berbeda dari ayam bumbu hijau ini adalah tidak di masak dengan cara di goreng maupun di bakar tetapi di masak bersama bumbu – bumbu dan sedikit air. Dengan proses pemasakan seperti ini di pastikan airnya akan habis, meresap ke dalam daging ayam dan hilang saat proses penguapan. 

Tapi itulah namanya yaitu ayam bumbu hijau. Saya memperoleh Resep ini dari salah satu buku resep masakan, karena di daerah saya tinggal sekarang dan daerah asal saya, tidak ada ayam bumbu hijau seperti ini. Saya membagikan resep ini karena tergolong mudah cara membuatnya dan bumbu – bumbunya menggunakan bahan lokal yang mudah di dapat. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba membuat sajian ini, berikut resepnya di bawah ini :

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala Resep Praktis

Bahan

- ½ ekor ayam negeri, potong 4 bagian
- 1 butir jeruk nipis, ambil airnya
- 1 sendok teh garam
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 lembar daun jeruk, iris halus
- 1 lembar daun kunyit, iris halus
- 1 batang serai, iris halus
- 100 ml air
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- 1 ikat daun kemangi, ambil daunnya.

Haluskan

- 3 siung bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 5 buah cabe hijau besar
- 6 buah cabe rawit hijau
- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 3 butir kemiri
- 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado 

  • Pertama, Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam. Biarkan selama 15 menit. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit dan serai hingga tercium aroma harum.
  • Masukan daging ayam, air dan daun bawang, tutup rapat wajan, lalu masak ayam diatas api kecil hingga empuk. Terakhir, beri daun kemangi diatasnya, masak sebentar. Lalu matikan api. Angkat lalu sajikan.