Tuesday, October 25, 2016

Resep Cara Membuat Sayur Asem Daging Sapi Isi Komplit ala Resep Praktis

Resep Cara Membuat Sayur Asem Daging Sapi Isi Komplit ala Resep Praktis – Sayur yang berasal dari Jawa ini, ternyata banyak digemari oleh semua orang tidak hanya orang Jawa saja. Ini dikarenakan sayur ini memiliki rasa yang segar asam dan gurih. Ditambah lagi dengan aneka isian sayur didalamnya. Isinya begitu komplit mulai dari jagung, kacang tanah, labu siam, melinjo dan daunnya, terung serta kacang panjang.

Selain itu untuk mendapatkan manfaat protein, sayur ini telah menambahkan daging, kacang tanah dan buah melinjo yang memiliki kandungan protein tinggi. Sayur ini termasuk sehat dan bergizi tinggi tanpa tambahan minyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Untuk membuat beberapa porsi sayur asam daging sapi isi komplit ini, berikut resepnya dibawah ini :

Cara Membuat Sayur Asem Daging Sapi Isi Komplit ala Resep Praktis

BAHAN SAYUR ASEM DAGING SAPI ISI KOMPLIT

- 250 gram daging sapi, potong dadu 3 cm
- 1,5 liter air, untuk merebus
- 2 mata asam jawa
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 1 tongkol jagung manis, potong 2 cm
- 50 gram kacang tanah
- 1 buah labu siam, kupas, potong dadu
- 25 gram buah melinjo
- 1 sendok teh garam
- ½ sendok teh penyedap, jika suka

HALUSKAN

- 2 siung bawang putih
- 3 butir bawang merah
- 4 butir kemiri
- 4 buah cabe merah besar
- 1 sendok teh terasi

CARA MEMBUAT SAYUR ASEM DAGING SAPI ISI KOMPLIT

  • Rebus daging sapi hingga empuk, tambahkan bumbu halus, asam, lengkuas dan daun salam. Masukan jagung, kacang tanah, labu siam, dan buah melinjo. 
  • Masak sampai mendidih, beri cabai hijau, belimbing wuluh, dan gula merah, aduk rata. Tambahkan terung ungu, kacang panjang, dan daun melinjo, beri garam dan penyedap. Rebus hingga sayuran layu dan daging matang. Angkat, sajikan

Untuk 4 Porsi