Friday, October 21, 2016

Resep Masakan Palumara Khas Makasar Dari Ikan Bandeng Yang Sehat Tanpa Minyak dan Santan

Resep Masakan Palumara Khas Makasar Dari Ikan Bandeng Yang Sehat karena Tanpa Minyak dan Santan – Palumara ini merupakan masakan khas yang terbuat dari ikan bandeng yang berasal  Makassar . olahan ikan yang satu ini juga termasuk sehat karena tanpa digoreng menggunakan minyak dan tanpa santan.

Untuk menambah cita rasa ikan agar tidak amis, masakan ikan ini hanya menambahkan bumbu – bumbu, air asam dan cabe, tapi soal rasa tidak kalah dengan ikan goreng balado maupun gulai ikan. Mungkin olahan ikan ini lebih mirip dengan sup ikan tapi kuahnya lebih sedikit dari pada sup ikan. Yang pasti Palumara khas Makassar ini sudah pasti segar sekali jika dinikmati dengan nasi panas.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat masakan ini buat keluarga, apalagi salah satu keluarga Anda ada yang menderita kolesterol, hidangan ini sangat cocok buat mereka yang terkena kolesterol. Berikut resepnya di bawah ini :

Resep Masakan Palumara Khas Makasar  Dari Ikan Bandeng Yang Sehat Tanpa Minyak dan Santan

Bahan Palumara Khas Makasar ala Resep Praktis

- 1 ekor ikan bandeng
- 1 butir jeruk nipis, ambil airnya
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan bawang goreng
- 200 ml air
- 3 sendok makan, minyak untuk menumis

Bumbu

- 5 siung bawang putih, iris tipis
- 3 batang daun bawang, iris serong
- 4 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong
- 10 buah cabai rawit
- 1 sendok teh asam jawa, larutkan dengan 50 ml air
- 5 lembar daun jeruk purut, iris halus
- ½ butir jeruk nipis, ambil airnya
- 1 sendok teh gula merah, iris – iris

Cara Membuat Palumara Khas Makassar

  • Siangi ikan bandeng, lalu potong menjadi 3 bagian, cuci bersih tiriskan. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, biarkan selama 20 menit.
  • Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan daun bawang dan cabai merah, aduk hingga layu. Tambahkan air asam jawa dan air, biarkan mendidih.
  • Masukan potongan ikan, tambahkan daun jeruk purut dan cabai rawit, gula merah. Masak hingga ikan matang, masukan air jeruk nipis, aduk sebentar.
  • Angkat, sajikan palumara dengan taburan bawang goreng.

Untuk 4 Porsi