Monday, November 7, 2016

Resep Jadah Manten Isi Daging Sapi Cincang Lapis Telur Dadar Panggang Khas Yogyakarta

RESEP JADAH MANTEN ISI DAGING SAPI CINCANG LAPIS TELUR DADAR PANGGANG KHAS YOGYAKARTA – Resep yang satu ini tergolong unik, tapi bukan masakannya. Namun, nama masakannya yang tidak saya kenali, mungkin karena saya berasal dari Sumatera Barat. Mungkin nama ini mengandung arti. Dan ternyata resep ini merupakan resep tradisional dari daerah Yogyakarta.

Tapi yang jelas Resep Jadah Manten ini merupakan resep makanan yang berupa ketan diberi dengan bahan isi, yang terdiri dari daging sapi cincang yang telah di bumbui, lalu di lapisi dengan telur dadar, selanjutnya di jepit pada bambu untuk kemudian di panggang di atas bara api. Namun sebelumnya, beras ketannya dikukus hingga matang, begitu juga dengan bahan isinya telah dimasak. 

Jadi makanan ini di buat dengan beberapa proses, tapi langkah demi langkah membuat makanan ini sangat jelas, tidak begitu sulit jika telah dikerjakan. Apalagi jika Anda memiliki hobi memasak dan membuat kreasi masakan. Jika Anda tertarik untuk membuat makanan ini, berikut resepnya spesial buat Anda :

RESEP JADAH MANTEN ISI DAGING SAPI CINCANG LAPIS TELUR DADAR PANGGANG KHAS YOGYAKARTA

BAHAN RESEP JADAH MANTEN ISI DAGING SAPI CINCANG LAPIS TELUR DADAR PANGGANG

- 500 gram beras ketan, rendam semalaman
- 400 ml santan dari 1 butir kelapa
- 1 sendok teh garam
- 2 lembar daun pandan
- Bambu, belah lebar
- Tangkai daun pepaya

ISI

- 300 gram daging sapi cincang
- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, memarkan
- 200 ml santan
- 1 sendok makan minyak, untuk menumis


HALUSKAN

- ½ sendok teh ketumbar sangrai
- ½ sendok teh merica
- ¼ sendok teh pala
- 3 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- ½ sendok teh garam
- 1 sendok makan irisan gula merah
- ¼ sendok teh kaldu instan, jika suka

DADAR

- 4 butir telur
- 2 sendok makan tepung terigu
- 10 sendok makan air
- ½ sendok teh garam

AREH

- 150 ml santan kental
- ½ sendok teh garam

CARA MEMBUAT JADAH MANTEN ISI DAGING CINCANG LAPIS TELUR DADAR

  • ISI : Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai, masak hingga harum. Masukkan daging sapi cincang dan santan, masak hingga kering. Angkat lalu sisihkan.
  • DADAR : Campur semua bahan dadar, aduk rata. Buat dadar tipis – tipis sisihkan. Campur semua bahan areh, didihkan hingga kental. Sisihkan.
  • Kukus beras ketan bersama daun pandan hingga setengah matang. Angkat, tuangkan kedalam wajan. Tambahkan santan dan garam, masak kembali di atas api kecil hingga santan habis. Kukus kembali hingga matang.
  • Tuang ketan yang masih panas ke dalam loyang, ratakan dengan ketebalan 1 cm, lalu taburi adonan isi diatasnya, ratakan. Tutup kembali dengan ketan, padatkan. Potong – potong dengan ukuran 3 x 4 cm. Bungkus setiap potongan ketan dengan selembar dadar telur.
  • Jepit setiap ketan dengan bambu tipis, rapatkan ujungnya dengan tangkai daun pepaya. Panggang diatas bara api sambil diolesi areh.

Untuk 18 Buah 😋😋😋