Saturday, April 14, 2018

Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi Manis Gurih Untuk Buka Puasa

Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi Manis, Sehat Untuk Buka Puasa - Mumpung Bulan Ramadhan makin dekat, mari kita tambah menu resep untuk berbuka puasa. Salah satu menu buka puasa yang paling banyak di cari pada Bulan Ramadhan adalah biji salak. Tapi sayang sekali, disaat kita udah semangat ingin menikmati semangkuk kolak biji salak yang kita beli, rasanya benar - benar tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ntah karena yang jual lagi puasa juga jadi rasanya serba kurang. Kurang manis, kurang santan, jika kelebihan, kelebihan manis lagi.

Membuat sendiri biji salak sebenarnya lebih higienis dan lebih hemat dibandingkan membeli di luar. Selain itu, bisa menambah satu lagi menu makanan yang kamu bisa buat sendiri di rumah dengan praktis untuk keluarga tercinta. Makanan biji salak ini memang paling cocok dijadikan sebagai kolak ataupun bubur. Selain itu, makanan ini juga sangat cocok untuk dihidangkan di saat berbuka. Dengan makanan yang manis, maka energi saat berpuasa bisa tergantikan. 

Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi Manis, Sehat Untuk Buka Puasa

Tekstur biji salak yang lembut dan sedikit kenyal saat disantap, membuat makanan ini banyak digemari. Apalagi jika dimakan bersama kuah kolak dan santan yang sangat gurih menjadikannya sebagai makanan yang membuat kita selalu ketagihan. Ingin menikmati sajian lezat Resep Biji Salak  saat berbuka puasa? Kamu bisa mencoba langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan Biji Salak
126 gram tepung sagu
500 gram ubi ungu atau ubi jalar
Air secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat biji salak
Pertama-tama cuci terlebih dahulu ubi yang telah kamu siapkan kemudian rebus hingga matang, setelah itu kupas ubi yang telah matang lalu haluskan dengan cara sesukamu.
Kemudian campur ubi halus tadi dengan tambahan sedikit-sedikit tepung sagu, aduk dan campur sampai kalis dan mudah dibentuk. Setelah itu, bentuk adonan berbentuk bulat seperti halnya bentuk biji salak. 
Setelah semua adonan dibentuk, masukan adonan biji salak tadi pada air yang sudah mendidih. Tutup dan diamkan sampai adonan matang.
Ciri-ciri adonan biji salak yaitu semua adonan terapung di dalam panci. Jika sudah, maka Anda cukup mematikan kompor dan angkat adonan, lalu tiriskan. 

Nah, jika kamu ingin membuat kolak dari biji salak ini maka kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kolak biji salak. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat ulasan yang penulis berikan di bawah ini:

Bahan-bahan untuk kuah kolak
1000 cc air bersih
100 cc santan kental
250 gram gula aren, kemudian sisir sampai halus
Daun pandan beberapa lembar
Tepung sagu secukupnya untuk mengentalkan
Garam secukupnya

Cara membuat Kuah Kolak
Didihkan 1000 cc air bersih ke dalam panci berukuran sedang, lalu masukkan gula aren ke dalamnya. Masak sampai benar-benar mendidih, jangan lupa masukkan daun pandan beberapa lembar saja sesuai selera. 
Masukkan garam dan tepung sagu secukupnya, tunggu hingga beberapa menit. Masukkan santan kental ke dalamnya sesaat sebelum kompor dimatikan. Jika sudah matang, matikan kompor.


Setelah itu, masukan biji salak ke dalam mangkuk saji dan tuangkan kuah kolak tadi ke dalam mangkuk berisi biji salak.

No comments:

Post a Comment